Apa itu bisnis? Bisnis yaitu serangkaian usaha yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok untuk melakukan kegiatan bisnis dengan tujuan menghasilkan laba. Kegiatan bisnis seperti meproduksi, menjual dan memasarkan barang.
Apa itu e-bisnis? E-Bisnis yaitu suatu kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis serta semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. Seperti menggunakan hp atau laptop sebagai sarana pemasaran. Terdapat 7 jenis-jenis e-bisnis yaitu:1.B2C (Business to Consument) B2C adalah kegiatan e-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Transaksi penjualan dapat dilakukan di intenet dan pemesanan langsung dilakukan oleh konsumen dengan melihat harga - harga yang sudah tercantum. Contohnya seperti Giestore Aksesoris (Giestore.com) dan Asus Store (store.asus.com)2. B2B (Business to Business) B2B adalah transaksi secara elektronik antara objek bisnis yang satu dengan objek bisnis lainnya. B2B disebut juga transaksi antar perusahaan. Transaksinya menggunakan EDI (Elektronikm data Interchange) dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. B2B juga digunakan untuk pengiriman dan penerimaan berupa proposal bisnis. Contohnya Unilever ialah perusahaan penghasil produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia. Unilever adalah salah satu customers dari PT. Electronic Data Interchange Indonesia.3. C2C (Consumer to Consumer) C2C adalah Sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan pada saat tertentu. C2C merupakan model e-commerce yang telah menjamur di Indonesia. Contoh Dari Website C2C adalah Carmudi (carmudi.co.id)4. C2B (Consumer to Business) C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional, meliputi individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi. Contohnya yaitu Google Play.5. G2B (Goverment to Business) G2B adalah suatu bentuk kerjasama antara pemerintah dengan para pelaku bisnis/sektor bisnis dengan menggunakan interaksi secara online. Salah satu contohnya yaitu Pendaftaran Perusahaan6. B2G (Bussiness to Government) B2G sama dengan B2B disebut sebagai definisi pasar “pemasaran sektor publik” yang mencakup pemasaran produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran terpadu seperti iklan, dan komunikasi berbasis web, dll.7. G2G (Government to Governments) Kebutuhan untuk berinteraksi antar satu pemerintah dengan pemerintah setiap harinya tidak hanya berkisar pada hal-hal yang berbau diplomasi semata, namun lebih jauh lagi untuk memperlancar kerjasama antar negara dan kerjasama antar entiti-entiti negara (masyarakat, industri, perusahaan, dan lain-lain) dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi perdagangan, proses-proses politik, mekanisme hubungan sosial dan budaya, dan lain sebagainya. Seperti : Pajak Online.
Konsep-konsep e-bisnis1.Virtual Storefront, yaitu yang menjual prosuk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana-sarana tradisional. Seperti posdan kurir. Contohnya seperti : a.Amazon.com b.Virtual cineyards c.Security Fist d.Network bank2.Marketplace Concentrator, yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding-bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian. Contohnya seperti : Internet mall, DealerNet, Industrial marketplace, Insuremarket.3.Information Brokerme, yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga dan ketersediannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun, nilai utamanya adalah informasiyang disediakan. Contohnya : Partnet, Travelocity, Auto by Tei.4.Transaction Broker, yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah mefasilitasi transaksi. Contohnya seperti : Etrade dan Ameritrade5.Electronic Clearinghouse, yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang produk,dimana harga ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi konsumen. Contohnya seperti: Bid.com dan Onsile.6.Reserve auction, yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli. Salah satu contoh produk yang bisa diadakan melalui E-Reserve auction yaitu bahan bangunan dan pakaian.7.Digital Product Delivery, yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan produk digital lainnya lewat internet.8.Content Provider, yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan, pendapatan dapat dihasilkan dari biaya langganan atau layanan akses.9.Online Service Provider, yaitu menyediakan layanan dan dukungan bagi para pemakai perangkat lunak dan perangkat keras. Contohnya seperti : Telkomnet speedy dan indosat m2
Apa itu e-commerce dan apa hubungannya dengan pemasaran? E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, website, atau jaringan komputer lainnya. Dari pengertiannya sendiri e-commerce ada kaitannya dengan aktivitas pemasaran karena e-commerce berperan sebagai sarana pendukung pemasaran untuk menyampaikan informasi demi mencapai tujuan. Dengan menggunakan e-commerce informasi dapat dijangkau dengan sangat luas dan juga tampilan e-commerce menjadikan pelanggan dapat leluasa melihat segala aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produknya.
Apa itu bisnis?
Bisnis yaitu serangkaian usaha yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok untuk melakukan kegiatan bisnis dengan tujuan menghasilkan laba. Kegiatan bisnis seperti meproduksi, menjual dan memasarkan barang.
Apa itu e-bisnis?
E-Bisnis yaitu suatu kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis serta semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. Seperti menggunakan hp atau laptop sebagai sarana pemasaran. Terdapat 7 jenis-jenis e-bisnis yaitu:
1.B2C (Business to Consument)
B2C adalah kegiatan e-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Transaksi penjualan dapat dilakukan di intenet dan pemesanan langsung dilakukan oleh konsumen dengan melihat harga - harga yang sudah tercantum. Contohnya seperti Giestore Aksesoris (Giestore.com) dan Asus Store (store.asus.com)
2. B2B (Business to Business)
B2B adalah transaksi secara elektronik antara objek bisnis yang satu dengan objek bisnis lainnya. B2B disebut juga transaksi antar perusahaan. Transaksinya menggunakan EDI (Elektronikm data Interchange) dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. B2B juga digunakan untuk pengiriman dan penerimaan berupa proposal bisnis. Contohnya Unilever ialah perusahaan penghasil produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia. Unilever adalah salah satu customers dari PT. Electronic Data Interchange Indonesia.
3. C2C (Consumer to Consumer)
C2C adalah Sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan pada saat tertentu. C2C merupakan model e-commerce yang telah menjamur di Indonesia. Contoh Dari Website C2C adalah Carmudi (carmudi.co.id)
4. C2B (Consumer to Business)
C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional, meliputi individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi. Contohnya yaitu Google Play.
5. G2B (Goverment to Business)
G2B adalah suatu bentuk kerjasama antara pemerintah dengan para pelaku bisnis/sektor bisnis dengan menggunakan interaksi secara online. Salah satu contohnya yaitu Pendaftaran Perusahaan
6. B2G (Bussiness to Government)
B2G sama dengan B2B disebut sebagai definisi pasar “pemasaran sektor publik” yang mencakup pemasaran produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran terpadu seperti iklan, dan komunikasi berbasis web, dll.
7. G2G (Government to Governments)
Kebutuhan untuk berinteraksi antar satu pemerintah dengan pemerintah setiap harinya tidak hanya berkisar pada hal-hal yang berbau diplomasi semata, namun lebih jauh lagi untuk memperlancar kerjasama antar negara dan kerjasama antar entiti-entiti negara (masyarakat, industri, perusahaan, dan lain-lain) dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi perdagangan, proses-proses politik, mekanisme hubungan sosial dan budaya, dan lain sebagainya. Seperti : Pajak Online.
Konsep-konsep e-bisnis
1.Virtual Storefront, yaitu yang menjual prosuk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana-sarana tradisional. Seperti posdan kurir. Contohnya seperti :
a.Amazon.com
b.Virtual cineyards
c.Security Fist
d.Network bank
2.Marketplace Concentrator, yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding-bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian. Contohnya seperti : Internet mall, DealerNet, Industrial marketplace, Insuremarket.
3.Information Brokerme, yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga dan ketersediannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun, nilai utamanya adalah informasiyang disediakan. Contohnya : Partnet, Travelocity, Auto by Tei.
4.Transaction Broker, yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah mefasilitasi transaksi. Contohnya seperti : Etrade dan Ameritrade
5.Electronic Clearinghouse, yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang produk,dimana harga ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi konsumen. Contohnya seperti: Bid.com dan Onsile.
6.Reserve auction, yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli. Salah satu contoh produk yang bisa diadakan melalui E-Reserve auction yaitu bahan bangunan dan pakaian.
7.Digital Product Delivery, yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan produk digital lainnya lewat internet.
8.Content Provider, yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan, pendapatan dapat dihasilkan dari biaya langganan atau layanan akses.
9.Online Service Provider, yaitu menyediakan layanan dan dukungan bagi para pemakai perangkat lunak dan perangkat keras. Contohnya seperti : Telkomnet speedy dan indosat m2
Apa itu e-commerce dan apa hubungannya dengan pemasaran?
E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, website, atau jaringan komputer lainnya. Dari pengertiannya sendiri e-commerce ada kaitannya dengan aktivitas pemasaran karena e-commerce berperan sebagai sarana pendukung pemasaran untuk menyampaikan informasi demi mencapai tujuan. Dengan menggunakan e-commerce informasi dapat dijangkau dengan sangat luas dan juga tampilan e-commerce menjadikan pelanggan dapat leluasa melihat segala aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar